10 BENCANA ALAM TERDAHSYAT DI INDONESIA

Posted by Reza rizpector on 10:21 PM, 20-Jul-12

Lama gak ngeblog ni gan,kali ini ane mau ngasih sedikit informasi tentang kejadian alam atau bencana alam terdahsyat yg pernah terjadi di negara kita,langsung aja ane mulai
1.TSUNAMI ACEH
bencana yg terjadi pada 26 desember 2004 ato tepatnya satu hari setelah natal ini,menjadi bencana alam terdahsyat yg pernah ada di negara kita tercinta ini,gimana gak dahsyat coba bayangkan gempa berskala 8,5SR(baca:scala richter) mengguncang laut samudra pasifik dan mengakibatkan air laut muncratnya ampe 35 meter diatas ketinggian laut..Waaaw..Gak bisa bayangin deh ane,dan pada kejadian jatuh korban sekitar 150.000 jiwa untuk wilayah aceh dan nias..Dan semuanya dikubur secara masal..
2.GUNUNG TAMBORA(TOMBORO)
kalo yg ini sih kejadiannya jangankan ane,nenek buyut ane jg belum lahir kalee..Karena ini peristiwanya terjdi pada tahun 1815,gunung tambora yg menjadi salah satu gunung berapi terbesar di indonesia meledak,mengeluarkan lava dan lahar dingin,hingga mengakibatkan 92.000 orang meninggal..Kalo ente bingung tambora tu ada dimana?Tambora tuh adanya di kabupaten dompu,nusa tenggara barat..Jelas khan??
3.TSUNAMI GUNUNG KRAKATAU
kejadiannya tepat pada 28 agustus 1883,n tepatnya waktu kita masih dijajah belanda. Alias belom merdeka..Ada 36.417 korban meninggal waktu itu..
4.GEMPA DI JOGJAKARTA
kalo yg ini sih masih lom lama,pada 27 mei 2006 ato seminggu setelah hari kebangktan nasional,gempa yg terjadi saat malam hari ini menelan korban jiwa sampai 6.234 orang.
5.GUNUNG KELUD,KEDIRI-JATIM
sebanyak 5115 orang meninggal pada kejadian di tanggal 19 mei 1919 ini,dan hingga saat ini gunung kelud masih menjadi gunung yg masih berbahaya.Karna gunung terbesar di pulau jawa ini masih kerap mengeluarkan debu dan awan panas..
7.LUMPUR LAPINDO
kalau yg ini sih,kejadian alam yang di sebabkan ulah kecerobohan manusia.Bayangkan kota porong yg tadinya sejuk dan nyaman kini menjadi kota lautan lumpur,karna kejadian yg terjadi sejak mei 2006 ini sampai sekarang belom bisa di atasi oleh pemerintah dan pt.Minarak lapindo sang pemegang tanggung jawab..
8.TSUNAMI PANTAI SELATAN
tsunami yg terjadi pada 17 juli 2006 ini,menelan korban 386 jiwa..Ada mitos yg bilang katanya nyi roro kidul sedang marah,tapi yg jelas tsunami ini berasal dari badai di samudra atlantik dan laut oseania.
9.TSUNAMI ENDE,FLORES
udah males panjang lebar yg jelas kejadiannya pada 12-desember 1992,dan menelan korban 2180 orang.
10.TSUNAMI BANYUWANGI,JATIM
pada 3 juni 1994,kejadiannya datang dari selat bali menuju kebarat,tragis bgt karna ada 208 korban jiwa..Hiks..
Oke deh,tuh tadi kejadian-kejadian bencana alam terdahsyat yg gue ambil dari berbagai sumber..Thanx uda mau baca,oke brot.!!!

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

1 responses to "10 BENCANA ALAM TERDAHSYAT DI INDONESIA"

Lintang Westlifers Filan on 02:30 PM, 30-Jan-14

gile serem amat !!

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images